Responsive Ads Here

Wednesday, March 5, 2014

Pengertian dan Dasar Organisasi

Organisasi berasal dari 2 kata ; bahasa yunani : organon berarti alat dan bahasa inggris : organism yang artinya sebuah entitas dengan bagian-bagian yang terintegrasi dimana hubungan mereka satu sama lain saling berkaitan secara utuh dan mencapai tujuan bersama.

Pengertian organisasi dengan pemahaman yang mudah dicerna adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dimana untuk mencapai tujuan tersebut, dibuat dan ditetapkan prosedur / cara kerja yang saling mendukung sesuai fungsi kerja masing-masing.

Dari pengertian tersebut di atas, maka harus dibahas dengan sangat terperinci apa yang menjadi TUJUAN UTAMA dari organisasi tersebut. Karena hal itu merupakan prinsip atau dasar yang akan membentuk dan mengarahkan organisasi tersebut.

Jika sudah disepakati dan dipahami apa tujuan organisasi tersebut, maka dapat dilanjutkan pada bentuk atau struktur organisasi bagaimana yang akan digunakan. Tentunya bentuk organisasi yang akan digunakan adalah bentuk yang paling ideal sesuai dengan apa yang ingin dicapai (Tujuan Organisasi).

Dari kondisi yang ada pada saat ini, jenis organisasi secara umum ada 3 jenis, yaitu : Bisnis, Non bisnis (sosial, hukum, lingkungan dan lainnya) dan gabungan Bisnis-non bisnis (pendidikan, koperasi).

Meskipun ada organisasi yang dibentuk atas inisiatif 1 orang (seperti perusahaan bisnis) tetap saja tidak mungkin organisasi itu dijalankan oleh HANYA 1 orang. Itulah ciri manusia sebagai mahluk sosial dimana manusia pasti akan saling membutuhkan dan saling berhubungan.

Setelah menentukan bentuk organisasi yang ideal, maka sangat perlu (sifatnya WAJIB) untuk membuat dasar organisasi yang sudah diketahui secara umum yaitu anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART)

Dalam membuat AD & ART, tentunya harus memiliki pemahaman organisasi yang benar-benar menyeluruh baik dasar organisasi secara umum maupun bentuk dan bidang organisasi yang telah disepakati sebagai tujuan organisasi. Bukan sekedar tahu secara teori atau merasa sudah paham karena sudah banyak mengikuti beberapa organisasi, padahal belum tentu.

Dalam AD & ART ada 2 komponen utama yang harus benar-benar dipahami. Komponen 1 adalah sejarah (Nama, latar belakang dan alamat organisasi). Komponen 2 adalah tujuan organisasi (visi dan misi organisasi atau maksud dan tujuan organisasi)

Jika pada 2 komponen tersebut sudah terjadi kesalahan karena kurang memahami dari 2 komponen tersebut atau kurang dalamnya pembahasan dari tujuan organisasi, maka hal tersebut akan menjadi masalah pada pembahasan komponen lainnya pada AD & ART.

Untuk pembahasan lebih dalam mengenai AD & ART ini, nanti akan saya posting pada kesempatan mendatang.

Salam Tujuan Utama

Admin




No comments:

Post a Comment