Responsive Ads Here

Monday, March 3, 2014

Hasad - Perusak Hati

Sikap Hasad (dengki) sangat cepat MENGGEROGOTI semua perbuatan baik yang telah dilakukan. maka berhati-hatilah pada sikap yang satu ini.

"Dari Abu hurairah r.a, sesungguhnya Nabi SAW bersabda: "jauhilah dirimu dari perbuatan hasad, sebab perbuatan hasad akan memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar"

Hasad berarti membenci nikmat yang diterima orang lain dan menginginkan nikmat tersebut hilang. Nikmat tidak hanya berupa harta benda, tapi apapun yang dapat memberikan kebahagian terhadap manusia. Selain harta benda, nikmat juga meliputi kesehatan, kepintaran, kelapangan hidup dan banyak lagi.

Firman Allah : "Sebahagian besar ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, Karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka ma'afkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya[82]. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu". QS. AL-BAQARAH; 109.

Pengertian Hasad (dengki, iri) tentunya tidak sekedar membenci nikmat yang diperoleh orang lain. Lebih luas lagi, Hasad adalah PENYAKIT HATI yang (seharusnya) sangat ditakuti oleh setiap manusia (baik muslim atau tidak)

Mengapa harus ditakuti ? karena sikap ini merupakan kondisi KEBENCIAN atau KETIDAKSUKAAN terhadap seseorang baik dengan alasan tertentu atau tanpa alasan apapun yang berakibat kepada kondisi buruk lainnya yaitu FITNAH dan ADU DOMBA.

Sikap hasad ini merupakan cikal bakal dari PARA MUNAFIK, dimana mereka (para munafik - red) bersikap sebaik dan semanis mungkin dengan tujuan yang sangat berbeda dengan sikap baik/manis mereka.

Firman Allah lainnya : 1.Katakanlah "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, 2. Dari kejahatan makhluk-Nya, 3. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, 4. Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul (membacakan jampi-jampi dengan menghembus-hembuskan nafasnya ke buhul tersebut.), 5. Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki." QS. AL-FALAQ: 1-5

Ayat tersebut diatas menjelaskan bahwa Allah memberikan petunjuk kepada Nabi Muhammad (dan umatnya) untuk berdoa sebagaimana isi pada ayat tersebut. Allah mengingatkan untuk berlindung kepada Nya dari orang-orang yang hasad (dengki).

Maka berhati-hatilah pada sikap hasad karena siapapun dapat melakukan ini baik disadari atau tidak. Yang paling mengerikan bahwa karena sikap hasad, semua amal ibadah kita selama hidup akan hilang begitu saja BAHKAN Allah akan menutup hati pelakunya dari hidayah.

Semoga kita dijauhkan Allah dari sifat hasad.

Wassalam
Admin

No comments:

Post a Comment