Tujuan Utama

Blog Tausiyah Qolbi

LightBlog

Wednesday, March 5, 2014

Sombong

Sombong dalam bahasa arab disebut takabbur berasal dari kata bahasa Arab "Takabbara" (sumber : kamus bahasa Arab al-Munjid). Sifat sombong adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat merusak hati manusia. Begitupun sebagian besar manusia pernah melakukannya yang pada dasarnya adalah bentuk kesilapan yang umum terjadi.

Allah Swt berfirman dalam Q. S. Al-A'raf [7]:146), "Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku."

Dan dalam salah satu hadits qudsi Rasulullah Saw bersabda: " Kesombongan itu adalah kain selendang-Ku dan kebesaran itu kain sarung-Ku. Barangsiapa melawan Aku pada salah satu dari keduanya, niscaya Aku melemparkannya ke dalam neraka Jahannam" (Hadis qudsi).

Melalui ayat diatas, maka kita harus memahami dengan pemikiran yang luas bahwa manusia hanyalah menerima amanah dari Allah. Apapun yang dimiliki manusia merupakan "Titipan" dimana suatu saat PASTI akan diambil oleh pemiliknya (Tuhan).

Jika telah memahami dan menyadari hal tersebut, lantas apa yang pantas disombongkan oleh manusia ? Lahir kedunia TIDAK MEMBAWA APAPUN, dan kembali kepadaNya juga TIDAK MEMBAWA APAPUN kecuali amal kebaikan.

Demikian penjelasan salah satu penyakit hati yang harus kita waspadai sehingga tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Tentunya tidaklah mudah menghilangkan suatu kebiasaan. Melalui tulisan ini, mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan / hidayah dan semoga Allah memudahkan kita untuk menghindari sifat yang satu ini.

Wasssalam

No comments:

Post a Comment